Terminal BBM Kebakaran, Pertamina Jamin Pasokan BBM Jakarta

Kebakaran di Kawasan Plumpang, Jakarta Utara, Jumat, 3/3/2023. (Tangkapan Layar)

PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya aman meskipun baru saja terjadi kebakaran di Terminal BBM Plumpang, Jakarta Utara, pada Jumat (03/03/2023) pukul 20.20 WIB.

Eko Kristiawan, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, mengatakan pasokan BBM untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya akan dibantu dari Terminal BBM (TBBM) Tanjung Gerem, Cikampek, Ujung Berung dan Balongan.

“Terkait dengan suplai BBM wilayah Jakarta, Pertamina menjamin ketersediaan dengan di-support┬ádari TBBM Tanjung Gerem, TBBM Cikampek, TBBM Ujung Berung dan TBBM Balongan,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (03/03/2023).

Dia menyebut, ini merupakan salah satu bagian dari skenario Pertamina, yakni skenario Regular, Alternative, dan Emergency (RAE).

“Pertamina telah menyiapkan skenario RAE (Regular, Alternatif dan Emergency),” ucapnya.

Dia mengatakan, saat ini Pertamina fokus pada penanganan kebakaran dan melakukan evakuasi terhadap pekerja maupun warga di sekitar lokasi, ke area yang lebih aman.

“Pertamina terus berupaya maksimal menanggulangi kejadian ini di lapangan agar tidak meluas,” ucapnya.

Pihaknya pun masih melakukan investigasi terkait penyebab kebakaran.

“Penyebab kejadian masih dalam proses investigasi dan berkoordinasi dengan pihak berwenang,” pungkasnya.

Perlu diketahui, mengutip laman resmi Pertamina, TBBM Plumpang dinilai sebagai terminal BBM terpenting di Indonesia, karena Plumpang menyuplai sekitar 20% kebutuhan BBM harian di Indonesia, atau ke sekitar 25% dari total kebutuhan SPBU Pertamina.

Thruput BBM rata-rata sebesar 16.504 kilo liter (kl) per hari dan wilayah distribusi utamanya meliputi Jabodetabek. TBBM Plumpang beroperasi mulai tahun 1974, yang memiliki kapasitas tangki timbun sebesar 291.889 kilo liter.

Saat ini TBBM Plumpang menyalurkan produk dengan varian yang sangat lengkap yaitu Premium, Bio Solar, Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite dan Pertamax Turbo, melalui Terminal Automation System (TAS) berkelas dunia yang biasa disebut New Gantry System ke kompartemen 249 unit mobil tangki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*