Mitsubishi Bakal Pulangkan ‘Sang Legenda’ ke RI, Kapan?

Mitsubishi

Kendaraan niaga legendaris Mitsubishi Colt L300 bakal kembali diproduksi di tanah air. Mobil pick up ‘sang legenda’ ini sempat harus diproduksi di luar negeri, yakni Filipina sejak pertengahan tahun lalu. Alhasil, dalam beberapa bulan terakhir Indonesia hanya mengandalkan pasokan impor CBU untuk kebutuhan L300.

Setelah ‘mengungsi’ beberapa bulan, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memutuskan untuk mengembalikan produksi kendaraan niaga yang sudah dipasarkan di RI sejak 1981 ini ke Tanah Air.

“Kami memutuskan untuk pindahkan ke Filipina untuk produksi L300 tahun lalu karena memang saat itu kami melihat baik buat Indonesia untuk memisahkan produksi,” kata President Director MMKSI Atsushi Kurita dalam keterangannya, Kamis (6/4/2023).

Adapun penyebab pindahnya produksi L300 karena Filipina sudah memproduksi mobil ini dengan versi Euro 4, sedangkan pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) selaku pabrikan di Cikarang belum memproduksinya.

Padahal, pemerintah sudah mensyaratkan standar Euro 4 sejak tahun lalu. Namun kini Mitsubishi kembali bakal memproduksi kendaraan ini di dalam negeri.

“Setelahnya kami ada diskusi mengenai MMC, mengenai pemindahan L300 lagi. Dan hasilnya akan produksi kembali L300 lagi di Tanah air, sekarang lagi persiapan. Bulan depan atau mendatang akan kembali lagi diproduksi di Indonesia,” tuturnya.

L300 merupakan salah satu penopang penjualan Mitsubishi di RI. Pada tahun 2022 lalu, penjualan ‘sang legenda’ kendaraan niaga ini bahkan mengalahkan SUV Pajero Sport. L300 berada di peringkat 18 dengan 21.441 unit sedangkan Pajero Sport di posisi 20 dengan penjualan 20.285 unit.

Berkaca ke tahun sebelumnya, L300 bahkan sempat masuk 10 besar mobil terlaris dengan penjualan 26.335 unit. Lagi-lagi Mitsubishi Pajero Sport kalah penjualan dari mobil pick up ini dan hanya berada di peringkat 15 dengan penjualan 16.996 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*