Kisah Kejayaan Kertas Kraft Aceh, Sebelum Dibubarkan Jokowi

Logo Kertas Kraft Aceh. (Tangkapan layar Wikipedia)

Pembubaran BUMN ‘zombie’ masih berlanjut. Terbaru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali secara resmi membubarkan dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bermasalah.

Salah satu BUMN yang dibubarkan diketahui memiliki kedekatan historis dengan Presiden Jokowi, termpat pertama dirinya berkarir di PT Kertas Kraft Aceh sebelum menjadi orang nomor satu di Republik Indonesia (RI) dan pernah menjadi denyut ekonomi Provinsi Aceh.

Pembubaran PT Kertas Kraft Aceh tertuang dalam PP Nomor 17 tahun 2023 yang diteken Jokowi pada 3 April 2023. Sebelumnya Presiden Joko Widodo bercerita pernah bekerja di Aceh sebagai salah satu karyawan di perusahaan PT Kertas Kraft Aceh (Persero).

Komplek pabrik PT KKA dibangun pada tahun 1985 di atas lahan 219 ha dengan nilai investasi nyaris mencapai US$ 500 juta atau setara Rp 7,46 triliun dan berlokasi di kabupaten Aceh Utara. Pabrik tersebut mulai beroperasi tahun 1989 dan memulai produksi komersial pada tahun 1990. Namun sayangnya pada akhir 2007, pabrik tersebut resmi berhenti beroperasi dikarenakan berbagai alasan, utamanya pasokan gas yang kian tipis.

“Saya pernah (tinggal) Lhokseumawe, pernah di Bener Meriah, tahu bahwa potensi Aceh ini sangat besar,” kata Jokowi dalam pidatonya saat Peluncuran Kartu Tani Digital, di Kabupaten Aceh Utara, Jumat (10/2/2023).

Dia mengatakan potensi di Aceh sangat besar mulai dari industri perdagangan, perikanan, pertanian, perkebunan yang bisa diolah. Namun sejak 2005 banyak industri besar yang tutup karena persoalan pasokan gas. Dia menyebut seperti AAF (Asean Aceh Fertilizer), PIM (PT Pupuk Iskandar Muda) dan KKA (PT Kertas Kraft Aceh).

“Seperti saya dulu bekerja di PT Kertas Kraft Aceh, saat dulu saya bekerja tahun 1985, 1986, 1987, 1988, semua ini hidup. ekonomi Aceh juga kelihatan geraknya. tapi karena gasnya habis tutup semua. pabrik gede tutup semua. kalau tutup semua artinya apa? PHK Semuanya,” katanya.

Padahal jika semakin banyaknya uang beredar di masyarakat membuat ekonomi satu daerah bisa bertumbuh. Sehingga Jokowi saat ini sudah meresmikan pabrik pupuk NPK milik PT Iskandar Muda di Kawasan Industri Arun, Lhokseumawe dengan nilai investasi Rp 1,7 triliun.

“Sehingga apa, akan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya seperti saat saya dulu bekerja di PT Kertas Kraft Aceh,” katanya.

KKA sudah menghadapi kondisi di mana teknologi alat produksi sudah tertinggal, sehingga sudah tidak mampu bersaing dengan kompetitor yang memiliki teknologi terkini. Jika dilakukan revitalisasi, akan membutuhkan biaya investasi yang sangat besar.

Pendapatan KKA sejak 2012 hanya berasal dari optimalisasi pembangkit listrik yang saat ini dijalankan dengan skema KSO sewa pembangkit bersama PJBS.
Per 2020, posisi ekuitas KKA negatif Rp 2 triliun. Menindaklanjuti pembubaran KKA, kewajiban karyawan termasuk pesangon akan dibayarkan melalui mekanisme dana talangan oleh PPA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*