HP Kamera Terbaik 2023, Kenali 2 Spesifikasi Ini Sebelum Beli

Warga membeli kartu perdana di ITC ROXY MAS, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Aturan pajak penyelenggara jasa telekomunikasi mulai di berlakukan namun aturan itu tidak terdampak pada pembelian pulsa, kartu perdana atau token listrik. (CNBC Indonesia/Tri Susilo) 
Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, ketentuan pajak pulsa yang mulai berlaku (1/2/2021) bertujuan menyederhanakan pengenaan PPN dan PPH atas pulsa atau kartu perdana, token listrik dan voucer serta untuk memberikan kepstian hukum.   (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Kamera menjadi salah satu poin jualan utama bagi pabrikan HP dalam memasarkan produknya. Tak heran jika inovasi kamera HP bergerak sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir.

Dua hal yang kerap digembar-gemborkan ketika berbicara soal kualitas kamera HP adalah sensor dan piksel. Di 2023, mulai banyak pabrikan HP yang menggunakan sensor berukuran 1 inci (1-inch sensor).

Sensor jumbo itu mampu menangkap lebih banyak cahaya dan mereduksi noise untuk penjepretan malam hari.

Di sisi lain, perang besaran megapiksel (MP) pun tak ada habisnya. Rasanya belum lama pabrikan HP memperkenalkan kamera 50MP, lalu tiba-tiba sudah heboh kamera 64MP dan 108MP.

Tahun lalu, kamera 200MP mulai diperkenalkan dan menjadi populer untuk HP kelas premium. Banyak yang beranggapan bahwa megapiksel besar membuat kualitas foto yang dihasilkan makin mumpuni.

Hal ini tentu tak salah. Pasalnya, megapiksel berpengaruh terhadap detil gambar yang dapat diambil oleh sensor kamera. Makin besar megapikselnya, maka gambar bisa diperbesar tanpa membuatnya pecah.

Sehingga, jika ingin mencetak gambar di billboard atau memasangnya di layar besar, tentu diperlukan megapiksel jumbo agar hasilnya tetap tajam.

Untuk lebih jelasnya soal perbedaan sensor dan piksel, serta fungsi masing-masing, berikut dirangkum CNBC Indonesia, Minggu (12/3/2023) dari berbagai sumber.

Apa Itu Sensor Kamera HP dan Fungsinya?

Secara harafiah, sensor bertugas untuk mengubah gambar yang ditangkap oleh lensa. Sensor memiliki beragam ukuran dan tersusun atas berbagai sel yang merepresentasikan piksel.

Di dalam sensor, terdapat prosesor yang akan mengubah tangkapan cahaya yang masuk menjadi warna. Hasil dari seluruh sel sensor kemudian disatukan dan membentuk kesatuan gambar yang utuh.

Ukuran sensor menentukan banyaknya tangkapan cahaya yang masuk. Untuk itu, dengan jumlah piksel yang sama, sensor berukuran lebih besar akan menghasilkan kualitas gambar lebih mumpuni.

Biasanya, besaran ukuran sensor akan menentukan besaran ukuran lensa. Nah, lensa yang besar akan memiliki aperture (bukaan) yang lebih besar pula. Aperture ini adalah penyimpan cahaya, sehingga masuk akal jika sensor yang besar akan menghasilkan kualitas foto low light yang lebih baik.

Beberapa HP yang memiliki sensor 1 inci antara lain Vivo X90 Pro dan Xiaomi 13 Pro.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*