Gagal Download Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi, Ini Sebabnya

Infografis: Bolehkah Pamer Sertifikat Vaksin di Sosmed? Simak Nih!

Kementerian Kesehatan tengah menyiapkan SatuSehat versi web. Nantinya akan memiliki layanan download sertifikat Covid-19 seperti yang ada dalam aplikasi.

“Saat ini belum tersedia versi webnya. Sedang disiapkan,” ungkap Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji, kepada¬†CNBC Indonesia, Selasa (7/3/2023).

Dia juga mengonfirmasi untuk saat ini sertifikat baru bisa didownload di aplikasi Satu Sehat Mobile. “Iya betul,” kata Setiaji.

Sebelumnya sertifikat vaksin bisa didownload dengan beberapa cara. Salah satunya melalui situs web PeduliLindungi.

PeduliLindungi memiliki versi web. Fungsi dan fiturnya sama dengan yang ada di dalam aplikasi termasuk untuk mengunduh sertifikat vaksin Covid-19.

Sementara itu, per awal bulan ini Satu Sehat Mobile sudah resmi menggantikan PeduliLindungi. Penggunananya juga diperluas bukan hanya untuk penanganan Covid-19 tapi terkait untuk penanganan kesehatan sehari-hari.

Untuk menggunakannya pastikan lebih dulu telah update aplikasi PeduliLindungi baik di Play Store maupun App Store. Setelah itu lakukan log in dengan menggunakan nomor handphone atau email.

Jika ingin mendownload sertifikat atau hanya mengeceknya, simak caranya berikut ini:

  1. Klik tombol Vaksin dan Imunisasi
  2. Tekan menu Vaksin Dewasa
  3. Akan terlihat nama penerima vaksin sesuai dengan pengguna akun. Selain itu, bisa juga menambahkan orang lain di dalam akun yang sama hingga 6 orang.
  4. Klik nama yang sertifikatnya ingin dicek atau didownload.
  5. Berikutnya akan muncul sertifikat sesuai dengan yang diterima sebelumnya. Artinya jika sudah mendapatkan hingga booster kedua akan ada empat sertifikat di dalamnya.
  6. Klik sertifikat yang ingin dicek atau diunduh.
  7. Akan terlihat sertifikat vaksin Covid-19 berisi nama, nik, dan tanggal lahir penerima. Selain itu juga ada informasi terkait jenis vaksin yang didapatkan, tanggal dan lokasi pemberian.
  8. Untuk download sertifikat, tekan tombol Unduh Sertifikat di bagian bawah layar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*