Bukan Android, Bapak HP Ternyata Lebih Pilih Smartphone Ini!

Martin Cooper, penemu telepon genggam, 17 September 2003. (Photo by AFR Picture by MICHEL O'SULLIVAN/Fairfax Media via Getty Images via Getty Images)

Ada banyak model smartphone canggih saat ini. Tapi apa yang digunakan bapak HP, Martin Cooper?

Cooper dikenal sebagai sosok pencipta teknologi komunikasi yang kerap mengkritisi perilaku kecanduan HP. Kendati begitu, ia pun termasuk dalam pengguna HP.

Ternyata dia lebih memilih iPhone dibandingkan sederet HP keluaran Android. Laporan AFP menyebutkan Cooper menggunakan iPhone kelas atas dengan memperbarui modelnya setiap tahun, dikutip Times of India, Senin (3/4/2023).

Pria 94 tahun itu menggunakan ponsel seperti orang kebanyakan. Dari menelepon, memeriksa email, foto, menonton Youtube dan mengontrol alat bantu dengarnya.

Cooper juga menggunakan perangkat dalam ekosistem Apple, yakni Apple Watch. Namun, menurutnya agak berlebihan dengan aplikasi yang tersedia.

“Saya tidak akan pernah mengerti cara menggunakan ponsel seperti yang dilakukan cucu dan cicit saya,” ungkapnya.

Dalam beberapa kesempatan, Cooper kerap menyinggung soal penggunaan ponsel masa kini. Misalnya banyak orang yang terlalu bergantung pada HP dan itu terlihat hampir setiap saat.

“Saya merasa sedih saat melihat seseorang menyebrang jalan dan melihat ponsel. Mereka sudah gila,” ungkapnya. “Namun setelah beberapa orang tertabrak mobil, mereka akan mengetahuinya”.

Dia juga berbicara soal potensi smartphone di masa depan. Yakni dapat membantu mengatasi penyakit dalam satu hingga dua generasi mendatang.

Di masa depan, Cooper mengatakan ponsel bisa terhubung dengan sensor di tubuh. Persis seperti apa yang dikerjakan sejumlah perangkat pintar yang dia miliki saat ini.

“Sama seperti jam memantau detak jantungnya saat berenang dan telepon memantau alat bantu dengar, suatu hari telepon akan terhubung ke serangkaian sensor tubuh yang akan menangkap penyakit sebelum berkembang,” jelas Cooper.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*