Beras Bulog Dijual di Transmart, Harga Beras Bakal Turun?

Dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP),  Perum Bulog menggencarkan ketersediaan beras masuk ke ritel modern. Bersama Chairman CT Corp Chairul Tanjung, Buwas secara simbolis meluncurkan beras SPHP dengan harga eceran tertinggi (HET) beras medium dibanderol Rp 47.250 per 1 karung isi 5kg. Bulog memasok sebanyak 1.000 ton beras SPHP di seluruh gerai Transmart seluruh Indonesia. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso alias Buwas menyalurkan beras untuk Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) jelang Ramadan ke ritel modern. Adapun salah satu ritel modern yang menjadi sasaran utama Bulog yakni Transmart.

Buwas mengungkapkan, untuk tahap pertama ini pihaknya telah menyalurkan 1.000 ribu ton beras SPHP ke Transmart seluruh Indonesia.

“Kita juga merangkul dengan beliau ini (Chairul Tanjung), merangkul Transmart untuk menjadi jaringannya Bulog untuk mendistribusikan, menyiapkan, atau menyajikan beras-beras yang SPHP maupun beras premium produksi Bulog,” ungkap Buwas di Transmart Cempaka Putih, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Upaya ini, lanjut dia agar kebutuhan masyarakat akan beras terjamin dan tersedia. Adapun beras Bulog yang dijual di Transmart dalam bentuk kemasan 5 kg seharga Rp 47.250.

Untuk tahap pertama, Bulog menyalurkan 1000 ton beras ke Transmart. Jumlahnya bisa bertambah apabila ada peningkatan permintaan dari Transmart.

“Ini beras kualitas premium. Dengan masyarakat beli di sini, melihat sendiri jadi itu yang nantinya akan menurunkan harga (di pasaran),” tuturnya.

Di tempat yang sama, Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengaku senang bisa bekerja sama dengan Bulog. Dengan kerja sama ini memudahkan masyarakat untuk membeli beras murah Bulog di Transmart.

“Kan semua tergantung retailnya gitu, siapa yang lebih aktif. Jadi kalau yang ada Bulog itu baru Transmart, makanya datang ke Transmart, jangan ke yang lain,” timpal pria yang akrab disapa CT itu.

CT bahkan menyebut dia menjadi saksi bahwa beras Bulog SPHP ini sangat diminat masyarakat. Kehadiran beras ini bahkan berhasil menurunkan harga beras di pasaran.

“Ini saya jadi saksi, bukan hanya di depan Pak Buwas. Ternyata supplier lain mulai menurunkan harganya. Karena demand-nya laku, yang ini (merek lain) kurang demand-nya, jadi mulai menurunkan harganya. Jadi terjadi penurunan harga. Nah ini kan akan mendorong penurunan inflasi yang menjadi ancaman ekonomi kita,” sebutnya.

Mengenai harga beras, CT menyebut semua sudah ditentukan oleh Bulog. Transmart hanya bertugas menyalurkan kepada masyarakat.

“Kalau harga tergantung Pak Buwas. Kita kan hanya nyalurin dong. Harganya di pemerintah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*