5 Alasan Warga Pilih Spotify daripada Apple Music, Setuju?

Spotify

Saat ini pengalaman mendengarkan musik berbeda dengan beberapa tahun lalu. Kaset telah digantikan dengan aplikasi streaming musik yang ada di dalam ponsel.

Aplikasi streaming musik juga kian banyak. Salah satunya adalah Apple Music yang dimiliki oleh raksasa teknologi dunia Apple.

Namun ternyata Apple Music disebut XDA Developer tak akan pernah mengalahkan dominasi aplikasi streaming musik Spotify. Berikut 5 alasannya, dikutip Senin (13/3/2023):

1. Tidak Terhubung Antar Perangkat

Salah satu kelemahan Apple Music adalah tidak terhubung antar-perangkat. Spotify memungkinkan pelanggan Premium menggunakan antrean antar-perangkat yang terhubung.

Sementara hal serupa tak bisa dilakukan oleh Apple Music. Jadi, saat mendengarkan di Mac dan akan berjalan-jalan tak bisa melanjutkannya pada iPhone atau Apple Watch.

2. Crossfade Tidak Muncul Sepenuhnya

Apple meluncurkan dukungan crossfade pada Android namun tidak untuk iOS. Ini menggabungkan pemutaran lagu secara opsional dengan memangkas jumlah detik yang ditentukan dari awal dan akhirnya.

XDA Developer mencatat fitur sudah berfungsi untuk Mac, namun masih tidak ada untuk iPhone maupun Apple Watch.

3. Algoritma

Layanan streaming terkenal dengan teknologi algoritma. Konten yang ditawarkan akan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan penggunanya.

Spotify melakukannya dengan baik, karena akan menampilkan beberapa penyanyi sesuai dengan selera penggunanya. Hal serupa juga bisa dirasakan saat menggunakan Youtube Music.

Namun, ternyata pengalaman ini tak bisa dirasakan Apple Music. Layanan itu jarang menampilkan lagu dari artis yang kurang dikenal namun sesuai selera pengguna.

4. Daftar Putar Bersama Teman

Apple Music sebenarnya telah menerapkan sistem pertemanan. Namun, tidak mendukung daftar putar kolaboratif.

Hal yang paling mendekati adalah daftar putar Friend Mix yang diperbarui tiap minggu. Ini akan berisi beberapa lagu yang didengarkan oleh teman-teman.

5. Daftar Rekap Tahunan

Spotify jadi salah satu aplikasi yang menawarkan rekap tahunan. Apple sebenarnya melakukan hal serupa, namun XDA Developer menyebutkan tidak sebaik atau selengkap fitur pada Spotify.

Replay 2022 tercatat membawa peningkatan. Namun beberapa saingan masih jauh di depan untuk disusul.

Secara keseluruhan, Spotify terus berinovasi untuk menjadi layanan streaming yang menghibur, sesuai kebutuhan, dan memberikan referensi sesuai selera pengguna. Poin-poin ini tak dimiliki oleh Apple Music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*